Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Nilai-Nilai Religiusitas

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Desi Purnama Sari
Murniyetti Murniyetti

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang telah membuat peserta didik cenderung mencoba atau meniru apa yang dilihatnya. Implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di sekolah diharapkan dapat menanamkan nilai-nilai religiusitas agar nilai-nilai yang ada pada diri peserta didik tidak hilang namun semakin meningkat seiring perkembangan zaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana implementasi pembelajaran PAI dalam menanamkan nilai-nilai religiusitas kepada peserta didik, (2) Apa faktor pendukung dan penghambat dalam proses implementasi, (3) Bagaimana upaya guru dalam mengatasi faktor penghambat. Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian lapangan. Sedangkan metode penelitan yang penulis gunakan adalah metode kualitiatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil peneltian ini menjelaskan bahwa nilai-nilai religiusitas yang ditanamkan di SMA Negeri 3 Pariaman adalah nilai ibadah, nilai kedisiplinan, dan nilai akhlak.  Implementasi pembelajaran PAI dalam menanamkan nilai-nilai religiusitas di SMA Negeri 3 Pariaman direalisasikan dalam tiga tahapan yaitu saat pembelajaran di kelas, lingkungan sekolah, dan pengawasan di luar sekolah.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Sari, D., & Murniyetti, M. (2021). Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Nilai-Nilai Religiusitas. An-Nuha, 1(4), 421-427. https://doi.org/10.24036/annuha.v1i4.104

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.