Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Nilai-Nilai Kejujuran

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Viviana Fahira
Rengga Satria
Ageng Priadi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran PAI dalam menanamkan nilai-nilai Kejujuran siswa di SMPN 2 Kota Solok, peran pendidikan Islam sangat dibutuhkan dalam menanamkan nilai-nilai kejujuran, dimana menjadi era yang penuh tantangan dihadapi oleh para siswa saat ini, para siswa menjadi bingung dan bertanya-tanya mereka harus melakukan apa dan bagimana harus bersikap. Melalui Pendidikan Agama Islam siswa-siswa dapat memiliki bekal untuk memiliki karakter jujur dalam kehidupan sehari-hari. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif, sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber data premier dan sumber data sekunder, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis dalam penelitian menggunakan analisis data dari Sugiono. Penganalisisan data dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk pengabsahan data peneliti menggunakan triangulasi dari sumber yang berbeda. Hasil dari penelitian ini bahwa guru PAI mempunyai peran yang penting untuk menanamkan nilai-nilai kejujuran pada peserta didik dalam proses pembelajaran.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Fahira, V., Satria, R., & Priadi, A. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Nilai-Nilai Kejujuran. An-Nuha, 1(4), 448-460. https://doi.org/10.24036/annuha.v1i4.105

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.