Penerapan Teori Belajar Behavioristik dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Mohammad Raihan

Abstract

Teori belajar behavioristik merupakan teori belajar yang memfokuskan kepada perubahan tingkah laku siswa karena adanya stimulus(rangsangan) dan respon(tanggapan).Jadi,siswa dikatakan belajar apabila ia menunjukan perubahan tingkah lakunya.Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami dan mengetahui pentingnya mengaplikasikan teori belajar behavioristik dalam pembelajaran PAI,Pembelajaran PAI mencakup ruang lingkup sebagai berikut Al-quran dan hadits,aqidah,fikih,akhlak,dan tarikh.Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif.Melalui penelitian ini,penulis mencoba mengkungkapkan terkait metode-metode yang digunakan oleh guru PAI di SMAN 3 Batam dan perubahan tingkah laku siswa dalam mengaplikasikan teori belajar behavioristik.Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa mengaplikasikan teori belajar behavioristik dalam pembelajaran PAI dengan cara motivasi,latihan,dan penguatan karakter siswa.Adapun perubahan tingkah laku yang baik dari peserta didik ialah sikap toleransi,interaktif dalam belajar,termotivasi dalam belajar,penghargaan dan sanksi.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Raihan, M. (2021). Penerapan Teori Belajar Behavioristik dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas. An-Nuha, 1(1), 25-33. https://doi.org/10.24036/annuha.v1i1.13

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.