Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Nilai Karakter Religius

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Intan Mayang Sahni Badry
Rini Rahman

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan informasi dan membahas tentang upaya guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan nilai karakter religius di kelas IX SMP Negeri 40 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan metode penelitian kualitatif. Sumber data utama penelitian ini adalah guru pendidikan agama Islam kelas IX, sedangkan sumber data pendukung yaitu wakil kesiswaan SMP Negeri 40 Padang, wakil kurikulum SMP Negeri 40 Padang, guru pendidikan agama Islam kelas VII dan VIII serta peserta didik kelas IX. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, upaya yang dilakukan guru pendidikan agama Islam dalam penanaman nilai karakter religius dapat dikategorikan menjadi upaya di dalam pembelajaran dan di luar pembelajaran. Upaya di dalam pembelajaran dengan salam dan berdo’a, mengecek shalat siswa melalui absensi, literasi Alquran, pembiasaan shalat dhuha, dan infaq. Sedangkan penanaman karakter religius di luar pembelajaran melalui program tahfizh, wirid pagi Jum’at, nasehat, shalat berjamaah komunikasi dengan orangtua, serta kerjasama dengan masjid.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Badry, I., & Rahman, R. (2021). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Nilai Karakter Religius. An-Nuha, 1(4), 573-583. https://doi.org/10.24036/annuha.v1i4.135

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.