Strategi Pembinaan Akhlak Siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan akhlak siswa yang sering terjadi serta mendeskripsikan strategi pembinaan akhlak dan bentuk kegiatan pembinaan akhlak yang dilakukan oleh MTsN 3 Agam. Adapun penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Lokasi penelitian ini adalah MTsN 3 Agam, Sumatera Barat. Data diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan tiga tahap, yakni reduksi data, display data dan penyimpulan data. Temuan penelitian ini adalah terdapat beberapa masalah yang terjadi pada siswa seperti merokok, pacaran, kurangnya sopan santun dan tidak mengerjakan tugas. Strategi pembinaan akhlak yang diterapkan adalah dengan pendidikan langsung, pendidikan tidak langsung yakni teladan, pembiasaan dan latihan serta hukuman, kemudian penerapan metode pembinaan seperti metode nasihat/teguran dan metode pengembangan diri berupa ekstrakurikuler. Penerapan strategi ini diharapkan akan memberikan perubahan yang baik bagi akhlak siswa yang akan berguna bagi masa depannya.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.