Kebijakan Kepala Sekolah dalam Membina Akhlak Peserta Didik

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Al Munawarah
Fuady Anwar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya akhlak peserta didik, sehingga membutuhkan pembinaan dari kepala sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk melihat kebijakan kepala sekolah dalam membina akhlak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yang berlokasi di SMA Negeri 1 2x11 Kayutanam. Sumber data diambil melalui observasi, dokumentasi dan wawancara dengan kepala sekolah, guru PAI, dan peserta didik. Seluruh data dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Bentuk kebijakan yang dilaksanakan adalah Shalat zhuhur berjama’ah, shalat Dhuha, dan Kerohanian Islam (Rohis). (2) Dengan kebijakan ini, peserta didik patuh kepada guru, taat beribadah, hubungan peserta didik dengan guru menjadi harmonis, dan meningkatkan kedisiplinan serta kerapian peserta didik. (3) faktor pendukung pelaksanaan kebijakan ini adalah adanya partisipasi peserta didik, adanya teladan yang dapat dicontoh, adanya kerjasama yang baik antara sekolah dengan orang tua. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu, fasilitas kurang memadai, respon peserta didik berbeda-beda, dan faktor keluarga.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Munawarah, A., & Anwar, F. (2021). Kebijakan Kepala Sekolah dalam Membina Akhlak Peserta Didik. An-Nuha, 1(4), 483-489. https://doi.org/10.24036/annuha.v1i4.145

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.