Hubungan Motivasi Dan Prestasi Belajar Mahasiswa Jurusan Ilmu Agama Islam Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini bermaksud untuk mengkaji Prestasi Belajar Mahasiswa Angkatan 2017 Jurrusan Ilmu Agama Islam Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil IPK Mahasiswa adalah 92,35. (Hal ini jika mengacu pada standar Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) yaitu 3,65 ( 93) Maka dengan demikian mahasiswa yang memiliki IPK diatas 3,50, maka dengan itu dinyatakan prestasi belajar mahasiswa jurusan ilmu agama islam tinggi. Dengan IPK tertinggi yaitu 3,79 (95,8) dan nilai IPK terendah dengan yaitu 3,44 (88,8) Dari 37 mahasiswa jurusan Ilmu Agama Islam yang memiliki IPK diatas 3,50 yaitu 32 orang sedangkan mahasiswa yang memiliki IPK dibawah 3,50 yaitu 6 orang. Dengan ini membuktikan bahwa prestasi belajar mahasiswa jurusan Ilmu Agama Islam sangat tinggi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data penulis dapatkan melalui angket dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah 147, maka penulis mengambil sampel 25% dari 147 populasi yaitu 37 responden. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Prestasi Belajar mahasiswa angkatan 2017 jurusan Ilmu Agama Islam Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang karena merupakan jurusan baru sebagai angkatan pertama tahun 2017 diperguruan tinggi negeri dengan program studi Pendidikan Keagamaan Islam.
Kata kunci : Prestasi Belajar, Mahasiswa , Jurusan Ilmu Agama Islam
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.