Implementasi Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Akidah Akhlak di di Madrasah Tsanawiyah (MTs)

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Ihsan Basari
Rengga Satria

Abstract

Agar tercapainya tujuan dari kurikulum 2013 terutama dengan pendekatan saintifik maka peneliti menfokuskan untuk meneliti mengenai implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran akidah akhlak di MTsN 9 Tanah Datar. Penelitian bertujuan: Pertama, Untuk mengetahui penerapan pendekatan saintifik pada pembelajaran akidah akhlak di MTsN 9 Tanah Datar.  Kedua, Untuk mengetahui kendala yang dihadapi serta solusi guru dalam penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran akidah akhlak di MTsN 9 Tanah Datar. Ketiga, Untuk mengetahui hasil didapatkan peserta didik dalam penerapan pendekatan saintifik pada pembelajaran akidah akhlak. Jenis penelitian adalah kualitatif. Metode pengumpulan data ialah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data: reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Uji pengabsahan data mengunakan triangulasi. Hasil penelitian, guru mempersiapkan perangkat ajar sebelum belajar seperti RPP, silabus, prota, prosem, minggu efektif, dan bahan ajar. Pendahuluan yang dilakukan guru sebelum memulai pelajaran, guru meminta peserta didik  memulai berdoa, membersihkan dan merapikan lokal, mengambil absen dilanjutkan dengan apersepsi. Dalam pembelajaran guru telah menerapkan lima komponen yang terdapat pada pendekatan saintifik. Adapun kendala yang dihadapi guru dalam penerapan saintifik yaitu masalah waktu yang singkat di masa pandemi Covid 19 yaitu hanya 30menit satu jam pembelajaran, adanya peserta didik yang ngantuk dan kurang semangat dalam belajar serta kendala lainya. Untuk menjawab kendala tersebut sekolah dan guru memberikan solusi agar peserta didik lebih giat belajar dengan diberikan tugas rumah, meminta datang keperpustakaan mencari materi ajar, membagikan bahan ajar untuk dipelajari dirumah dan mengoptimalkan waktu belajar disekolah.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Basari, I., & Satria, R. (2021). Implementasi Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Akidah Akhlak di di Madrasah Tsanawiyah (MTs). An-Nuha, 1(2), 55-63. https://doi.org/10.24036/annuha.v1i2.24

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.