Analisis Kesulitan Membaca dan Menulis Alquran Peserta Didik di Sekolah Menengah Pertama

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Jessy Okta Nalysta
Ahmad Kosasih

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sebab-sebab kesulitan yang dihadapi peserta didik dalam membaca dan menulis Al-Qur'an di SMP Negeri 40 Padang, kemudian untuk mengetahui faktor penyebab kesulitan baca tulis Al-Qur'an yang dialami peserta didik di SMP Negeri 40 Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah field research (penelitian lapangan) dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif.


 


Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa sebab-sebab kesulitan yang dihadapi peserta didik di kelas VII SMP Negeri 40 Padang adalah terbata-bata dalam membaca Al-Qur'an, Belum mengetahui tanda baca, kurang menguasai kaidah ilmu tajwid,tidak mengenal huruf Hijaiyah, tidak pandai dalam irama, nafas masih pendek serta tidak percaya diri dan takut salah dalam membaca Al-Qur'an. Sedangkan faktor penyebab kesulitan membaca dan menulis Al-Qur'an di kelas VII SMP Negeri 40 Padang terbagi menjadi 2 faktor yakni, faktor pendukung dan penghambat. Faktor pendukungnya adalah sarana prasarana yang memadai seperti mushalla, speaker,mic dan Al-Qur'an, serta partisipasi semua guru SMP Negeri 40 Padang. Untuk faktor penghambat terbagi atas 2 yaitu internal dan eksternal. Faktor internal seperti kurangnya motivasi dalam diri peserta didik dan malas belajar. Faktor eksternalnya yaitu lingkungan keluarga yang kurang mendukung, Lingkungan teman sepermainan yang kurang memadai serta waktu yang sangat terbatas.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Nalysta, J., & Kosasih, A. (2021). Analisis Kesulitan Membaca dan Menulis Alquran Peserta Didik di Sekolah Menengah Pertama. An-Nuha, 1(2), 71-78. https://doi.org/10.24036/annuha.v1i2.26

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.