Motivasi Orang Tua Memilih Pondok Pesantren Insan Cendekia Boarding School Payakumbuh

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Refoyanis Sukma
Wirdati Wirdati

Abstract

Pemilihan sekolah yang baik menjadi satu hal yang harus dipertimbangkan oleh orang tua untuk memberikan pendidikan terbaik bagi anak. Apalagi saat sekarang ini orang tua khawatir dengan adanya dampak negatif dari perkembangan teknologi dan arus globalisasi. Penelitian ini bermaksud menjelaskan motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik orang tua dalam memilih pondok pesantren Insan Cendekia Boarding School Payakumbuh sebagai sarana pendidikan anak. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif fenomenologi dengan sumber data utama adalah orang tua/wali peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi orang tua memilih pondok pesantren Insan Cendekia Boarding School Payakumbuh meliputi dua jenis yaitu motivasi intrinsik diantaranya agar anak dapat menyeimbangkan ilmu umum dan agama, agar anak menjadi seorang hafidz dan hafidzah, mandiri, disiplin, dan bertakwa kepada Allah SWT serta berbakti kepada orang tua. Motivasi ekstrinsik diantaranya orang tua melihat ICBS Payakumbuh berkualitas dan bermutu, sarana prasarana yang baik serta lokasi sekolah yang strategis.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Sukma, R., & Wirdati, W. (2021). Motivasi Orang Tua Memilih Pondok Pesantren Insan Cendekia Boarding School Payakumbuh. An-Nuha, 1(2), 79-93. https://doi.org/10.24036/annuha.v1i2.27

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.