Problematika Pembelajaran Dalam Problematika Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 4 Pariaman Problematika Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Negeri 4 Pariaman Section Articles

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Mulia Guswanti
Rengga Satria

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menelaah: (1) problematika yang dihadapi pendidik dan peserta didik dalam pembelajaran daring pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 4 Pariaman; (2) upaya yang dilakukan dalam mengatasi problematika pembelajaran daring pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 4 Pariaman; (3) hasil yang dicapai dalam upaya mengatasi permasalahan pembelajaran daring pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 4 Pariaman. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 4 Pariaman. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) problematika dalam pembelajaran daring Pendidikan Agama Islam di SMAN 4 Pariaman meliputi: peserta didik yang kurang motivasi dalam belajar, keterbatasan sarana dan prasarana, pendidik yang rendah pemahaman teknologinya, kurang efektifnya pembelajaran daring. (2) Adapun upaya dalam mengatasi problematika pembelajaran daring tersebut adalah memberikan motivasi, menyediakan sarana dan prasarana, melakukan bimbingan teknis dan berusaha menciptakan pembelajaran daring yang efektif. (3) Hasil yang dicapai setelah dilakukan upaya dalam mengatasi problematika pembelajaran daring yaitu sarana prasaran peserta didik menjadi memadai, motivasi belajar yang meningkat dan menciptakan pendidik yang terbiasa dengan teknologi, keefektifan belajar yang meningkat.


Kata kunci: Problematika, Pembelajaran daring, Pendidikan Agama Islam

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Guswanti, M., & Satria, R. (2021). Problematika Pembelajaran Dalam Problematika Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 4 Pariaman. An-Nuha, 1(2), 167-176. https://doi.org/10.24036/annuha.v1i2.43

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.