Pembentukan Karakter Religius Era Digital Melalui Progam Tahfidz Juz 30

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Zafirotus Sholihah
Muhammad Afif
Partono Partono

Abstract

Era Digital memberikan tantangan yang serius bagi pendidikan karakter keagamaan siswa, kemudahan akses teknologi dapat mempengaruhi moral siswa sehingga diperlukan strategi pendidikan yang relevan. Artikel ini membahas tentang implementasi dan peran guru dalam program tahfidz juz 30 di MI NU Tarbiyatuth Thullab sebagai upaya pembentukan karakter keagamaan di era digital. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif dengan instrumen penelitian utama menggunakan sejumlah teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Metode analisis dilakukan dengan cara mereduksi data, memaparkan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program tahfidz juz 30 tidak hanya meningkatkan kemampuan menghafal siswa tetapi juga menanamkan nilai-nilai keagamaan seperti disiplin, tanggung jawab, sabar, istiwomah, cinta Al-Qur'an dan saling menghargai. Guru juga berperan penting sebagai fasilitator, motivator, pembangun karakter dan memanfaatkan media digital dalam pembelajaran.


Kata Kunci:  Karakter Religius, Program Tahfidz, Era Digital.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Sholihah, Z., Afif, M., & Partono, P. (2025). Pembentukan Karakter Religius Era Digital Melalui Progam Tahfidz Juz 30. An-Nuha, 5(3), 371-386. https://doi.org/10.24036/annuha.v5i3.631

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.