Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Membina Sikap Disiplin Peserta Didik di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Ihsan Muhammadiyah Kota Padang
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena menurunnya etika dan moral peserta didik. Penelitian ini bertujuan mengetahui pelaksanaan, evaluasi, faktor pendukung dan penghambat pendidikan karakter dalam membina sikap disiplin peserta didik di TPQ Ihsan Muhammadiyah Kota Padang. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan teknik mengumpulkan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan deduktif. Dari penelitian dapat disimpulkan: (1) pelaksanaan pendidikan karakter dalam membina sikap disiplin peserta didik dilakukan dengan peraturan yang harus ditaati, pemberian nasihat, dan sanksi, (2) evaluasi pendidikan karakter membina sikap disiplin peserta didik menghasilkan beberapa hal memiliki rasa tanggung jawab, terbiasa berprilaku baik, mengembangkan dan menguatkan keyakinan, berakhlakul kharimah, (3) Faktor pendukung dari pelaksanaan pendidikan karakter dalam membina sikap disiplin peserta didik yaitu adanya guru yang berkompeten/professional, peran aktif ustadz maupun ustadzah sebagai pendidik, adanya dukungan dari keluarga atau orang tua. Sedangkan faktor penghambat yaitu kurangnya kesadaran peserta didik untuk berkarakter disiplin dan pengaruh teman bergaul.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.