Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik di SMP Negeri 7 Payakumbuh

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Anggun Oktavia
Rini Rahman

Abstract

Penelitian ini untuk melihat peran guru PAI dalam membentuk karakter peserta didik, faktor pendukung dan penghalang yang di temukan guru PAI dalam membentuk karakter peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data diambil melalui wawancara langsung yaitu dengan Kepala Sekolah, Wakil Kesiswaan, guru PAI, dan peserta didik. Untuk memperkuat data penelitian penulis juga mengambil data melalui observasi dan dokumentasi. Seluruh data wawancara dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Secara keseluruhan hasil penelitian mendapati bahwa, pertama pada aspek peran guru PAI terdapat tujuh peran yang dilakukan guru PAI yaitu guru sebagai pendidik, pengajar, pembimbing, pelatih, pengelola kelas, informator, motivator. Kedua faktor pendukung pembentukkan karakter peserta didik yaitu faktor internal dorongan yang berasal dari dalam diri individu dan faktor eksternal lingkungan masyarakat, sekolah, dan dorongan orang tua. Faktor penghambatnya faktor eksternal yaitu ketidakpahaman orang tua tentang pembentukkan karakter anak dan lingkungan tempat tinggal.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Oktavia, A., & Rahman, R. (2021). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik di SMP Negeri 7 Payakumbuh. An-Nuha, 1(3), 220-233. https://doi.org/10.24036/annuha.v1i3.75

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.