Metode Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Sholehatin Sholehatin
Wirdati Wirdati

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui metode pembelajaran yang digunakan guru dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Lokasi penelitian ini di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tiumang, Kabupaten Dharmasraya. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Temuan penelitian ini adalah metode pembelajaran yang digunakan guru dalam meningkatkan minat belajar peserta didik yang bervariatif. Variasi metode yaitu metode ceramah, diskusi, tanya jawab, pemberian tugas, demonstrasi, keteladanan, nasihat, penghargaan (reward) dan hukuman (punishment), serta metode belajar di luar kelas. Metode pembelajaran yang bervariatif ini diharapkan dapat meningkatkan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama Islam.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Sholehatin, S., & Wirdati, W. (2021). Metode Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama. An-Nuha, 1(3), 251-270. https://doi.org/10.24036/annuha.v1i3.78

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.