Implementasi Penggunaan Media Visual Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Ilmu pengetahuan dan teknologi mengalami kemajuan yang semakin pesat. Kemajuan tersebut telah membawa perubahan yang sangat signifikan di berbagai aspek kehidupan manusia, baik dalam bidang sosial, ekonomi, budaya maupun pendidikan. Agar pendidikan tidak tertinggal maka perlu adanya penyesuaian, terutama yang berkaitan dengan faktor pembelajaran di kelas. Proses pembelajaran merupakan proses komunikasi. Terkadang dalam proses pembelajaran, terjadi kegagalan komunikasi. Untuk menghindari kegagalan komunikasi, maka guru perlu memanfaatkan media pembelajaran yang menarik. Media visual merupakan alat yang digunakan guru untuk menyalurkan pesan dari pengirim kepada penerima dengan menggunakan indera penglihatan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Sawahlunto. Subjek penelitian adalah Guru Pendidikan Agama Islam (Al Husna, S.Ag.) dan siswa SMP Negeri 2 Sawahlunto. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi. Penelitian ini menghasilkan (1) Siswa semangat dan penuh antusias ketika guru menggunakan media visual dalam proses pembelajaran. (2) Media visual dapat mempermudah siswa mengingat materi pelajaran. (3) Media visual berbentuk powerpoint dan peta konsep yang digunakan guru dalam pelajaran dapat menampilkan gambaran yang konkret dari suatu materi, sehingga dapat meningkatkan daya fikir siswa.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.