Implementasi Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas IX di Sekolah Menengah Pertama Negeri 34 Padang
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat perencanaan, pelaksanaan dan kendala dalam pembelajaran daring, selanjutnya juga melihat apakah kendala yang ditawarkan pihak sekolah untuk menyeleseaikan permasalah tersebut. Penelitan ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan study kasus (case study). Sumber data diambil kepada 8 orang informan. Untuk memperkuat data penelitian penulis juga mengambil data melalui observasi dan dokumentasi. Seluruh data wawancara dianalisis dengan cara pengumpulan, reduksi, pemyajian dan diakhiri dengan pengambilan kesimpulan, secara keseluruhan hasil penelitian mendapati bahwa, pertama, pada aspek perencanaan pembelajaran pendidik menyiapkan perangkat pembelajaran dengan sistem pembelajaran daring, membuat program tahunan, program semester, silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran, minggu efektif. Kedua, pada aspek pelaksanaan pembelajaran darng yaitu bagaimana pelaksanaan pembelajaran daring. Ketiga, pada aspek kendala dalam pembelajaran daring didapati yaitu kendala kuota pembelajaran daring, peserta didik menjadi kurang memahami karena mengikuti pembelajaran dengan satu gaya pembelajaran, tidak semua peserta didik memiliki sarana pembelajaran daring menyebabkan peserta didik tidak mengikuti pembelajaran daring dan peserta didik yang berbagi alat pembelajaran dengan saudaranya.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.