Penanaman Karakter Disiplin di Asrama Pesantren Madrasah Tarbiyah Islamiyah Canduang
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena kurangnya kedisiplinan santri diasrama MTI Candung. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan perencanaan, proses pembelajaran, evaluasi, hambatan dan solusi yang dilakukan ustadz mengatasi hambatan penanaman nilai-nilai karakter disiplin di MTI Candung. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Informan penelitian ini adalah ustadz dan santri. Data dikumpulkan melalui observasi partisipan dan observasi terus terang/tersamar, mewawancarai responden diantaranya kepala sekolah, majelis guru dan santri. Dokumentasi dilakukan memperoleh data berbentuk arsip dokumen.Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa perencanaan dipersiapkan sebelum belajar dengan membaca doa sebelum belajar hingga mengingat kembali materi sebelumnya, pelaksanakan pembelajaran dimulai ustadz membacakan kitab dan arti hingga menghafal mufradat, evaluasi dilakukan secara tertulis dan tidak tertulis, hambatan kegiatan pembelajaran seperti tidak adanya keinginan untuk belajar dan suka melanggar aturan serta solusi untuk penanaman nilai-nilai karakter disiplin adalah meningkatkan motivasi santri,metode yang tepat dan meningkatkan pengawasan terhadap santri.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.