Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Alquran
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan membaca Alquran siswa di SMA Negeri 1 Kota Sungai Penuh. Adapun penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi lapangan. Lokasi Penelitian di SMA Negeri 1 Kota Sungai Penuh. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan observasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, setelah itu digunakan beberapa teknik untuk menguji keabsahan data yaitu perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan yaitu: 1) upaya guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Alquran siswa yaitu metode menyimak, belajar privat, drill, tadarus Alquran, membaca asmaul husna, membaca surah-surah yang telah dipelajari dan surah-surah pendek, kegiatan jum’at beriman, sabar, telaten, dan guru memberikan motivasi kepada siswa. 2) Faktor pendukung yaitu adanya internet, semangat dan motivasi siswa. Sedangkan faktor penghambat yaitu beragamnya kemampuan siswa, kejenuhan dalam belajar, terbatasnya waktu dalam pembelajaran Alquran serta kurangnya perhatian dari orang tua.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.