Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Alquran

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Salma Jihan Utami
Ahmad Kosasih

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan membaca Alquran siswa di SMA Negeri 1 Kota Sungai Penuh. Adapun penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi lapangan. Lokasi Penelitian di SMA Negeri 1 Kota Sungai Penuh. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan observasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, setelah itu digunakan beberapa teknik untuk menguji keabsahan data yaitu perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan yaitu: 1) upaya guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Alquran siswa yaitu metode menyimak, belajar privat, drill, tadarus Alquran, membaca asmaul husna, membaca surah-surah yang telah dipelajari dan surah-surah pendek, kegiatan jum’at beriman, sabar, telaten, dan guru memberikan motivasi kepada siswa. 2) Faktor pendukung  yaitu  adanya internet, semangat dan motivasi siswa. Sedangkan faktor penghambat yaitu beragamnya kemampuan siswa, kejenuhan dalam belajar, terbatasnya waktu dalam pembelajaran Alquran serta kurangnya perhatian dari orang tua.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Utami, S., & Kosasih, A. (2021). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Alquran. An-Nuha, 1(4), 529-540. https://doi.org/10.24036/annuha.v1i4.139

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.