Strategi Pembelajaran Guru dalam Mengajarkan Materi Fiqih Bersifat Khilafiyah
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui materi apakah dalam mata pelajaran fiqih yang bersifat khilafiyah di Madrasah Tarbiyah Islamiyah Paraman Ampalu, kemudian untuk mengetahui strategi pembelajaran guru fiqih dalam mengajarkan materi fiqih yang bersifat khilafiyah di Madrasah Tarbiyah Islamiyah Paraman Ampalu, dan apa kendala yang dihadapi guru fiqih dalam mengajarkan materi fiqih yang bersifat khilafiyah di Madrasah Tarbiyah Islamiyah Paraman Ampalu. Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah field research (penelitian lapangan). Sedangkan metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif.
Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa fiqih yang bersifat khilafiyah yang di pelajari di Madrasah Tarbiyah Islamiyah Paraman Ampalu pada kelas X, XI dan XII tingkat aliyah tentang hukum bang dalam islam, hukum asuransi dalam islam, nisab barang yang dicuri, had mencuri, had meminum khamar, had perampok, penyamun dan perompak. Sedangkan strategi pembelajaran guru fiqih dalam mengajarkan materi fiqih yang bersifat khilafiyah di Madrasah Tarbiyah Islamiyah Paraman Ampalu menggunakan metode ceramah dan tanya jawab. Adapun kendala yang dihadapi guru fiqih dalam mengajarkan materi fiqih yang bersifat khilafiyah di Madrasah Tarbiyah Islamiyah Paraman Ampalu yang pertama pada santri itu sendiri, tingkat kecerdasan santri itu berbeda-beda sehingga dalam proses pembelajaran ada santri yang mudah menyerap pembelajaran ada juga yang sulit menerima pembelajaran, kedua pada guru fiqih sendiri yakni kurang mampunya guru fiqih dalam membangun pemahaman para santri, ketiga terkait pada sarana dan prasarana, karna sarana dan prasarana untuk media pembelajaran masih terbatas maka guru hanya menggunakan metode pembelajaran sederhana dan kurang bervariasi.
Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Fiqih, Madrasah Tarbiyah Islamiyah Paraman Ampalu.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.